Inilah Alasan Stres dapat Memicu Penyakit Berbahaya

Tahukah kamu kalau stres berlebihan dapat menimbulkan penyakit bahkan bisa mematikan seperti stroke, jantung koroner, diabetes, gagal ginjal, dan kanker?

Tapi rasanya mustahil jika manusia tak punya masalah selama hidupnya. Tubuh selalu bereaksi terhadap segala hal yang dianggapnya sebagai bahaya, termasuk stres.

Saat tubuh merasa terancam dengan adanya kekacauan emosional dari luar, maka di dalam tubuh akan terjadi reaksi kimia yang memungkinkan kamu untuk mencegah konflik yang ada.

Reaksi ini disebut fight-or-fight atau respon stres. Jadi, saat tubuh kamu merespon stres kamu akan merasakan denyut jantung meningkat, otot menegang, dan tentunya tekanan darah akan naik.

Hal ini terjadi karena kelenjar adrenalin dalam tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebihan, dan ini berdampak buruk terhadap peningkatan kadar glukosa dalam darah serta meningkatkan resiko pengentalan darah.

Lalu apa yang sebaiknya harus dilakukan? Gampang banget, lho, cukup menjaga kondisi tubuh agar bebas dari stres.

Terus berpikir positif dalam setiap langkah, agar tubuh dapat memproduksi hormon endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu rasa senang, tenang, dan bahagia.

Tahukah kamu, ternyata ada alat bantu kesehatan untuk membantu mendorong tubuh untuk memproduksi hormon anti stres yang bernama hormon endorfin?

Ada banget! Kalung dan gelang kesehatan Al Muslim asal Korea yang terbuat dari batu giok Korea ini memiliki banyak manfaat terapi untuk kesehatan.

Apa sajakah itu? Lihat selengkapnya disini.

0 komentar:

Posting Komentar